Menu
Model
Beranda » Dealer Daihatsu » Cara Mengetahui Kondisi Mesin yang Bagus Sebelum Membeli Mobil Bekas

Cara Mengetahui Kondisi Mesin yang Bagus Sebelum Membeli Mobil Bekas

Dipublish pada 4 August 2017 | Dilihat sebanyak 23 kali | Kategori: Dealer Daihatsu, Dealer Daihatsu Jakarta Timur, Tips dan Trik, update

Bandung – Salah satu yang harus dilakukan saat membeli mobil bekas adalah memastikan kondisi mesin baik atau tidak. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan secara teliti, karena banyak sekali yang harus diperhatikan.
Hal ini harus dilakukan agar tidak seperti membeli ‘Kucing didalam karung’, sebaiknya pengecekan mesin dilakukan oleh ahlinya. Kecuali jika Carmudian mengetahui seluk beluk mesin itu sehat atau tidak.
Biasanya yang paling mendasar untuk mengetahui kondisi mesin, mendengarkan suara pada mesin, getaran mesin, asap pembuangan yang dihasilkan. Serta jangan lupa mengecek ada atau tidaknya kebocoran oli pada mesin. Langkah tersebut merupakan hal utama yang perlu diperhatikan untuk mengetahui kondisi mesin mobil yang baik.
“Mesin mobil yang bagus, mengurangi resiko anda untuk melakukan perbaikan, sisi lain menghemat biaya yang hendak dikeluarkan,” ujar Hassan mekanik mobil panggilan wilayah Cijantung, Jakarta Timur.
Pengecekan pada bagian mesin mana saja yang harus dilakukan? Untuk mendapati mesin mobil yang bagus dan sehat, terdapat 5 langkah mudah untuk mengetahui kondisi mesin pada mobil bekas yang hendak di beli. Apa saja bagian yang perlu diperhatikan?

Takaran Oli Mesin

Untuk mengetahui volume oli pada mesin, dapat terlihat dengan jumlah ketersedian oli. Ini bisa dilakukan pengecekan dengan menarik tuas cek ketersediaan oli mesin, sekaligus mengetahui kekentalan oli.
Jika volume oli tetap pada garisnya, dapat dipastikan bahwa oli yang terdapat pada mesin tersebut tidak berkurang karena gesekan yang terjadi didalam mesin. Hal lain, tidak dialami kebocoran atau rembes oli pada bagian mesin yang menyebabkan jumlah oli berkurang.

Dinding dan Bagian Bawah Mesin

Biasanya untuk mobil dengan usia 5 tahun ke atas, rentan akan kebocoran atau kerembesan oli di mesin. Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas, harus melakukan pengecekan pada bagian ini.
Biasanya ini terjadi pada packing silinder, dimana sering terjadi kebocoran pada bagian ini. Untuk bagian bawah mesin sering terjadi rembes karena oli, yang disebabkan paking karter mesin yang sudah mulai aus.

Air Radiator Tidak Menyemprot Saat Dibuka

Mendapati mesin mobil yang bagus, serta mengetahui pendingin mesin mobil (radiator) yang normal, dapat dilakukan dengan cara membuka tutup atas radiator. Untuk mendapatii kondisi radiator yang baik, lakukan dengan cara membuka tutup radiator saat mesin mobil dinyalakan.
Jika air tidak menyemprot dengan keras keatas saat tutup radiator dibuka, dapat dipastikan radiator dalam kondisi baik dan normal. Jika saat dibuka air keluar dengan kerasnya, maka terjadi penyumbatan pada radiator maupun saluran air didalam mesin mobil.
Hal itu bisa terjadi karena kerak yang menyumbat bagian tersebut, disisi lain menyebabkan temperatur mesin mobil akan cepat panas. Asap hitam, putih pekat, dan mengeluarkan air pada ujung knalpot.

Periksa Hasil Pembakaran dari Knalpot.

Jika asap pembuangan tidak mengeluarkan asap hitam maupun putih pekat (mobil bensin), maka mesin mobil tersebut normal pada umumnya. Jika melihat air yang keluar dari ujung knalpot, anda tidak perlu panik.
Air yang keluar pada ujung knlapot terjadi karena cuaca dingin pada malam hari. Hal tersebut sering terjadi karena uap air di knalpot terkondensasi pada malam hari dan terdorong keluar saat mesin dinyalakan.

Mendengarkan Suara Mesin

Langkah yang terakhir yaitu, mendengar suara mesin secara langsung merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika dirasa mesin mobil tidak menimbulkan suara yang berisik ataupun gemercik saat dinyalakan, maka kemungkinan kecil kerusakan terjadi didalam mesin.
Ada banyak hal yang menyebabkan mesin mobil berbunyi, diantaranya : rantai keteng mobil yang kendor, klep yang harus di stel ulang, stang seher yang mulai melemah. Bisa juga seher atau piston yang telah baret karena kurangnya pelumas oli, dan setelan coil yang tidak pas membuat suara pada mesin mobil juga mengakibatkan getaran pada mesin.
Semoga tips tersebut memberi informasi bagi Carmudian yang ingin membeli mobil bekas, dengan kualitas yang baik dan normal. Sehingga nantinya tidak khawatir akan berapa biaya lagi yang harus dikeluarkan untuk perbaikan khususnya pada bagian mesin.
Iis Daihatsu
Sales Executive
Dealer Resmi Daihatsu PT Armada Auto Tara - Jl. MH. Thamrin No.9, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15143
Kunjungi website kami di daihatsu-tangerang.net

Bagikan informasi tentang Cara Mengetahui Kondisi Mesin yang Bagus Sebelum Membeli Mobil Bekas kepada teman atau kerabat Anda.

Artikel ditulis oleh
Selamat datang, Saya adalah Sales daihatsu khusus Cikokol Tangerang . Temukan mobil impian Anda dengan menghubungi saya di nomor 0811 1004 650. Atau menekan tombol "Hubungi Kami" di atas.

Belum ada komentar

Tinggalkan Pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Menarik Lainnya
Februari 2014, Penjualan Daihatsu Capai 18.988 Unit

Februari 2014, Penjualan Daihatsu Capai 18.988 Unit

Dipublish pada 11 March 2014 | Dilihat sebanyak 26 kali | Kategori: update

JAKARTA, 11 Maret 2014 – Penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mencatat hasil memuaskan di bulan Februari 2014. Pada bulan kedua tersebut wholesales Daihatsu mencapai 18.988 unit atau meningkat 18% dibandingkan Januari 2014. Pertumbuhan penjualan terbesar diraih oleh City... selengkapnya

Daihatsu Copen, Roadster Centil di IIMS 2014

Daihatsu Copen, Roadster Centil di IIMS 2014

Dipublish pada 22 September 2014 | Dilihat sebanyak 18 kali | Kategori: update

JAKARTA (DP)— Daihatsu Copen yang dipajang PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 cukup membuat penasaran banyak pengunjung, bahkan beberapa berniat memilikinya bila diniagakan. Ketika dapurpacu.com memantau booth Daihatsu di Hall D, Daihatsu Copen ini... selengkapnya

Harga Daihatsu Terios 2011 Mulai dari Rp 155,4 Juta

Harga Daihatsu Terios 2011 Mulai dari Rp 155,4 Juta

Dipublish pada 22 December 2011 | Dilihat sebanyak 24 kali | Kategori: Terios

BOGOR (DP) — Daihatsu Terios 2011 secara resmi diluncurkan hari ini (5/10) di Bogor. Seperti yang kami beritakan sebelumnya, Daihatsu Terios 2011 mendapat beberapa sentuhan ulang sehingga hadir lebih segar.Di bagian eksterior, Terios baru meraup revisi di lampu depan dengan... selengkapnya

Iis Daihatsu
Sales Executive
Dealer Resmi Daihatsu PT Armada Auto Tara - Jl. MH. Thamrin No.9, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15143
Kunjungi website kami di daihatsu-tangerang.net

Dealer Daihatsu Auto Tara Tangerang

Jalan. MH. Thamrin No.9
Cikokol - Kota Tangerang
Banten 15143